Selamat Tahun Baru Islam 1930 Hijriah

Sebagian besar umat muslim termasuk saya ,mungkin lupa dengan tahun baru agamanya sendiri, tahun barun islam 1930 hijriyah yang untuk tahun ini jaraknya berdekatan dengan tahun baru masehi, hanya terpaut 3 hari saja. Tak ayal perbedaan momentum yang berdekatan ini membuat konsentrasi sebagian besar umat muslim hanya tertuju kepada tahun baru masehi, mereka seakan lupa tahun baru yang sebenarnya untuk umat muslim adalah tahun baru hijriyah, malah mereka terkesan lebih sibuk dengan rencana-rencana pada malam pergantian tahun baru masehi nanti, ironisnya....
rencana-rencana tersebut tak jarang hanya kegiatan sia-sia yang dibumbui kemaksiatan belaka.
Idealnya setiap muslim di tahun baru islam ini bermuhasabah, merenungi perjalanan satu tahun silam, apakah waktu yang kita habiskan setahun lalu hanya terbuang percuma dengan perbuatan yang sia-sia dan dosa-dosa yang mengalir disengaja maupun tak disengaja, ataukah waktu yang diberikan senantiasa dipergunakan untuk beribadah kepada Allah, mengingat karunia dan kemurahannya, memikirkan ciptaanNya yang maha sempurna ini. .
Sebenarnya inilah waktu yang tepat untuk kita membuat suatu resolusi untuk satu tahun kedepan, resolusi yang pada akhirnya akan menuntun kita menjadi manusia yang lebih menghargai waktu,dan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya. Coba jujurlah kepada diri anda sendiri, maksiatkan atau ibadahkah yang lebih banyak anda lakukan di waktu lalu. Apabila maksiat yang mewarnai hari-hari Anda sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk berubah, berubah menjadi manusia yang sadar betapa hidup ini begitu singkat apabila dipakai untuk bermaksiat, karena memang kehidupan sebenarnya adalah ketika kita telah mati, hidup di dunia hanya sementara, hanya perhentian sejenak, menuju kehidupan yang kekal di alam akhirat nanti. Untuk itulah, pikirkan dan pikirkan lagi apakah waktu dalam kehidupan kita akan dipergunakan untuk perbuatan yang sia-sia, janganlah menjadi orang yang merugi, yaitu orang yang menggadaikan kehidupan Akhirat untuk kenikmatan sesaat yang ada di dunia ini, namun jadilah orang yang beruntung yaitu berbahagia di dunia dengan ridho Alloh dan berbahagi di akhirat nanti karena amal yang berlimpah di dunia.
Di tahun baru islam ini marilah kita sama-sama untuk bertekad menjadi manusia yang baru, manusia yang memiliki semangat pantang menyerah, semangat untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dimasa yang lalu dan semangat untuk menggunakan waktu yang dianugrahkan oleh Allah untuk kegiatan-kegiatan yang diridoi Nya, kegiatan-kegiatan yang membuat kita menjadi manusia yang dicintai Allah, dicintai keluarga, sahabat teman, saudara, danm orang tua kita. Marilah kita berjanji kepada diri kita masing-masing untuk tidak lagi meninggalkan solat lima waktu, karena solat adalah amalan yang pertama kali ditanyakan di hari perhitungan nanti, apabila solatnya rusak, rusaklah seluruh amalan orang itu, sebalinya apabila baik solat orang itu, maka baiklah semua ibadahnya.. Semoga Allah mengampuni kita atas kesalahan yang kita lakukan dimasa yang lalu, termasuk memaafkanm saya yang telah lancang menulis ini padahal saya sendiri belum sanggup untuk mengamalkannya, dan semoga tulisan ini memberikan saya motivasi untuk selalu malu, malu apabila yang saya tulis akhirnya tidak diamalkan dan hanya menjadi tulisan yang hampa tanpa realisasi. Semoga Allah yang maha pemaaf memaafkan dosa-dosa kita walaupun dosa kita telah seluas langit dan bumi, Semoga Allah selalu membimbing kita, mengingatkan kita apabila kita salah melangkah, menuntun kita kepada jalan yang diridoinya,mm Selamat tahun baru 1430 hijriyah, tahun yang baru, semangat baru, pribadi baru dan hati yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar