Tips Persentasi Yang Efektif Bagian 1

Kemampuan persentasi adalah kemampuan yang mutlak harus dimiliki oleh semua orang yang ingin dirinya berkembang dan maju, apalagi untuk mahasiswa, yang dituntut untuk mampu menyampaikan ide dan pengetahuan baru untuk disampaikan kepada orang lain. Persentasi adalah momok yang menakutkan bagi sebagian orang termasuk saya, padahal kemampuan persentasi akan sangat menentukan kesuksesan seorang mahasiswa ketika mengabdikan diri di masayarakat nanti. Untuk itulah sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana cara melakukan persentasi yang efektif dan efisien, agar maksud yang disampaikan dalam persentasi tersebut dapat diterima oleh audience kita.

Berikut langkah-langkah persentasi efektif, yang dikutip dari buku”effective presentasion” karya Ros Jay & Antony jay. y

1.Menentukan tujuan persentasi.
Menentukan tujuan persentasi yang tepat akan menuntun anda mengambil langkah-langkah yang tepat, tanyalah pada diri anda? Untuk apa Anda memberikan persentasi? Apakah untuk mempengaruhi orang lain,m untuk memperkenalkan produk, untuk menyapaikan ide? Tujuan yang telah terjawab seharusnya menjadi pedoman saat Anda memilih segala sesuatu yang pantas dimasukan atau dikeluarkan dalam persentasi yang akan anda buat.
2. Kenali audiensi Anda.
Mengenali background audiesi adalah hal yang penting!,karena akan berpengaruh juga terhadap isi persentasi yang anda buat, tentunya akan berbeda melakukan persentasi didepan audiensi remaja dan orang tua, begitupun tidak akan sama melakukan persentasi di depan petani dan direktur. Mengenali audiensi yang akan menghadiri persentasi anda akan membantu anda dalam memasukan materi persentasi yang disukai audiens, kurang disukai audiens dan sangat dibernci audiens. Kenalilah audiens anda dari gendernya,latar belakang pendidikannya, usianya, hobinya,ketertarikannya,dll. Semakin anda mengetahui lebih jauh audiens yang akan hadir, akan semakin membantu.
3. Menyiapkan Bahan persentasi.
Menyiapkan bahan persentasi, singkatnya apa saja yang akan Anda masukan di persentasi Anda nantinya. Berikut beberapa tipsnya:
- tuliskan poin-poin di dalam setiap sesi yang dibuat, bukan sekedar barisan tulisan, tetapi tuliskan fungsi-fungsi yang dapat ditampilkan disebuah situs web dan hal-hal yang dapat ditambahkan kemudian.
- Bahkan pada tahap awal ini,tetapkan waktu setiap sesei dan subsesi, ini akan berguna untuk mengantisipasi naskah agar tidak terlalu padat.
- Alangkah baiknya jika Anda memilah-milah bahan informasi yang beragam kedalam kolom A,B,C..kolom A untuk bahasan yang harus dimasukan, Kolom B untuk bahan yang sebaiknya dimasukan, sedangkan bahan C untuk bahan yang perlu dibicarakan jika masih ada waktu.
- Tulislah semua hal yang anda ingin masukan, susunlah ke dalam suatu urutan yang logis, poin-poin yang ingin Anda tonjokan dengan sewajarnya.
daftar tindakan seperti yang harus anda susun untuk tahap ini adalah:
-susunlah tujuan Anda dengan tepat dalam satu kalimat.
-Identifikasi audiensi Anda
-Tetapkan kesan kahir apa yang akan anda tinggalkan pada audiensi.
-putuskan sesi apa yang akan dimasukanm dadn buat poin pada tiap sesi
-susunlah sesi dalam urutan yang logis, dengan waktu dan pembicara yang telah ditetapkan
-Berilah nilah A,B,C berdasarkan urutan yang lebih penting, agar lebih cepat dipangkas jika nanti diperlukan
-Pikirkan kata pembuka apa yang mengarahkan audiensi kepada anda
-Gunakan teknik seperti pertanyaan dan narasi untuk memotivasi audiensi dan membuat mereka mendengarkan
-Jila memungkinkan ,tentukan jumlah audiensi dan siapa yang diundang
-tentukan dimana persentasi akan dilakukan.

Bersambung....ke bagian 2

(sebagian tulisan dikutip dari buku Effective Presentation oleh Ros jay dan antony jay yang diterbitkan oleh BIP)

0 komentar:

Posting Komentar