Praktikum teknik Industri MRP


"dibawah ini hanya dilampirkan bagian pendahuluan saja, untuk file praktikum selengkapnya silakan download di akhir tulisan"
BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
1.1.1 Material Requirements Planning (MRP)
Beberapa produk tertentu mungkin terdiri dari beberapa subassemblies dan komponen, dimana setiap subassembly atau komponen tersebut mempunyai karakteristik yang unik seperti perbedaan lead time, safety stock dan gross requirement. Demikian juga dengan bahan mentah untuk memproduksi subassemblies dan komponen tersebut yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Masalah selanjutnya adalah Bagaimana mengatur perbedaan tersebut agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar.
Untuk mengatasi permasalahan yang telah dipaparkan diatas, kita membutuhkan suatu sistem perencanaan kebutuhan material (Material Requirements Planning) yang terintegrasi yang mampu menghasilkan informasi untuk mendukung aksi yang tepat, baik berupa pembatalan pesanan, pemesanan ulang, atau penjadwalan ulang.

1.1.2 Inventory Management
Manajemen persediaan adalah hal yang mendasar dalam sebuah industri manufaktur maupun industri lainnya. Pengaturan dan pengendalian persediaan yang baik, akan mendukung proses produksi dan juga menjadi kunci keberhasilan suatu perusahaan.
Namun kadangkala Pasokan dan kebutuhan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, untuk itu perusahaan harus bertumpu kepada persediaan material yang ada untuk menjamin kebutuhan dari konsumen. Untuk meminimasi biaya yang terkuras dalam penyimpanan persediaan tersebut, perusahaan harus menyesuaikan antara demand dan supply sehingga inventory dapat digunakan sebagaimana mestinya tanpa menjadi beban baru bagi..
perusahaan.

1.1.3 Distribution Requirement Planning (DRP)
Hal lainnya tak kalah penting dari suatu perusahaan manufaktur adalah
pendistribusian produk ke beberapa distribution center dimana masing-masing distribution center mempunyai kebutuhan yang berbeda beda.Kadang kala ada distribution center yang mengalami kelebihan inventory sehingga menambah biaya produksi. Untuk itulah DRP diperlukan dalam sebuah industri manufaktur.

DOWNLOAD LAPORAN SELENGKAPNYA DISINI

0 komentar:

Posting Komentar