Awas Bahaya Es Cingcau

Cincau (Cyclea barbata ) yang sering kita temui di tukang-tukang es keliling ataupun es campur ternyata tak hanya memiliki sejuta manfaat, tetapi ternyata juga memiliki banyak keburukan bagi tubuh kita. Banyak dari kita yang sudah mengetahui manfaat olahan daun cincau ,selain konon berkhasiat untuk mengobati sembelit, diare,kembung, panas dalam, penuruh tekanan darah, ternyata panganan yang kaya serat dan rendah kalori ini pula dapat mencegah munculnya penyakit kangker, karena ternyata cincau mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, tak hanya senyawa lain seperti isokandrodendrin yang dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.

Tapi sedikit diantara kita yang mengetahu jika sebenarnya cincau akan sangat....
berbahaya jika dihidangkan dengan cara yang keliru. Seperti yang kita tahu, sebagian besar cara membuat cincau adalah dengan meremas remas daun cincau dalam air matang kemudian diendapkan, nah ditilik dari meremas-remasnya itu siapa yang menjamin tangan si pembuat cincau itu bersih? Bisa saja tangannya membawa kuman,bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh kita hal ini diperparah lagi ternyata setelah di remas ternyata air endapan ini tidak di masak, alias didiamkan begitu saja yang memungkinkan kuman,bakteri dan virus tidak mati,itu yang pertama.

Cingcau yang kebanyakan dijajakan oleh pedagang es keliling tak lengkap bila tidak disajikan dengan es serut, lagi-lagi siapa yang menjamin es yang digunakan si pedagan itu adalah es yang bersih dan terbuat dari air yang matang? Karena memang setelah maraknya investigasi yang marak ditayangkan di televisi terungkap bahwa kebanyakan es-es yang digunakan untuk pedagan es keliling adalah es yang sebenarnya diperuntukan untuk ikan-ikan hasil tangkapan nelayan yang pasti dibuat bukan dengan air yang bersih, disinilah mungkin bakteri e coli mengancam anda.

Tak sedap pula jika cincau tidak dihidangkan dengan gula, lagi-lagi gula yang digunakan para pedagan cincau kebanyakan tak mengindahkan rambu-rambu kesehatan. Gula yang terlihat berwarna merah cerah sudah pasti dibuat dengan pemanis buatan yang dicampur dengan pewarna, masalahnya sekarang pewarna apa yang meraka gunakan? Pewarna pakaiankah? kita tidak tahu.Untuk itu seharusnya Anda lebih bijak untuk memilih jajanan anda, jika menginginkan khasiat yang maksimal dari cincau, buatlah sendiri dirumah, pastikan bahan-bahan yang digunakan aman bagi tubuh Anda.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

insya ALLAH cincau kami adalah cincau yang Bersih,hygienis, sehat, enak,sedap..murah lagii

Dinda mengatakan...

Insya ALLAH... lah.
Cincau Yang Ana jual
adalah Cincau yang Hygenis,Bersih,Sehat,Enak,Murah Lagi...

Posting Komentar