Contoh perhitungan RWL dan LI

Recomendaton weight limit (RWL) dan lifting index (LI) secara sederhananya digunakan sebagai salah satu cara menganalisis apakah kegiatan pengangkutan masih dianggap aman untuk dilakukan atau sebaliknya, apakah kegiatan tersebut tidak direkomendasikan untuk dilakukan karena apabila terus dilakukan, akan menyebabkan cedera dalam jangka pendek atau panjang. Untuk menghitung RWL dibutuhkan beberapa data yang pada nantinya digunakan untuk menentukan nilai dalam tabel, data-data itu diantaranya jarak vertikal dan horizontal dari barang yang diangkat ke tubuh kita, berat benda, jarak pengangkutan, posisi mengambil barang, frekuensi pengangkatan, lama pengangkatan, tingkat kenyamanan handle.
Persamaan untuk mencari RWL adalah:

RWL=LcxHMxVNxDNxAMxCMxPM

Untuk menentukan nilai Lc,HM,VM,DN dst...digunakan tabel yang nilainya tergantung dari data-data yang didapat dari kasus yang diteliti.

Sedangkan untuk mencari LI dihitung dengan persamaan:
LI=berat benda/RWL
apabila nilai LI lebih besar dari 3..maka pekerjaan tersebut tidak direkomendasikan untuk dilakukan, namun apabila harga LI kurang dari 3, maka pekerjaan tersebut aman untuk dilakukan.

Untuk penjelasan lebih terperinci,dibawah akan disediakan contoh perhitungan RWL dan LI untuk contoh kasus pengangkutan galon isi ulang, file akan dilampirkan dalam bentuk persentasi power point , silahkan download melalui link dibawah ini,semoga bermanfaat.

DOWNLOAD CONTOH SOAL


0 komentar:

Posting Komentar