Tips membakar lemak dalam tubuh

Memiliki tubuh yang indah adalah impian semua orang, namun apakah tubuh yang indah hanya ada dalam mimpi saja? bisa iya bisa tidak,.... tidak hanya di mimpi saja ketika orang tersebut berusaha sekuat tenaga mencari tahu bagaimana cara mendapatkan tubuh yang indah dan berusaha menjalaninya sebaik mungkin ,dan hanya dalam mimpi saja ketika orang tersebut hanya berhayal tanpa melakukan apapun dan menunda-nunda keinginannya tesebut dalam istilah kerennya NO PAIN NO GAIN BROTHER!!!..
Tubuh yang indah tidak dapat didefinisikan dengan pasti, setiap orang memiliki ukuran ukuran yang berbeda mengenai pengertian indah tersebut, namun yang pasti, tubuh yang indah adalah tubuh yang sehat, yang dapat menunjang kegiatan si pemilik tubuh sehari-harinya dan membawa rasa percaya diri kepada si empunya tubuh tersebut.
Terkadang tubuh yang indah selalu diidentikkan dengan tubuh yang terbebas dari gumpalan lemak berlebih, hal tersebut sah-sah saja karena memang semakin banyak lemak yang ada di tubuh kita, semakin merugikan untuk tubuh kita tentunya, tetapi lemak bukannya tidak dibutuhkan oleh tubuh kita,, lemak berperan untuk melarutkan beberapa vitamin dan pembentukan hormon dalam tubuh,selain itu pun lemak berfungsi sebagai cadangan makanan untuk makanan sel-sel dalam tubuh kita.
Kebanyakan orang,mungkin termasuk Anda sangat kesal dengan timbunan lemak yang menumpuk di sekitar perut, leher,lengan,pinggang atau paha?, jangan khawatir, saya punya cara jitu untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh hanya dalam waktu yang relatif singkat.Tapi tentunya cara-cara yang nanti saya sampaikan ,mungkin saja tidak cocok dengan kondisi tubuh anda, oleh sebab itu saya tidak bertanggung jawab atas segala hal yang tidak diingikan,bagaimanapun tips ini adalah pengalaman pribadi saya yang dapat menurunkan 8 kg hanya dalam waktu 2 bulan, cocok atau tidak cocoknya untuk anda, saya tidak bisa menilai.

Syarat untuk mendapatkan tubuh yang indah sebenarnya hanya ada 3, yaitu.........:
Olah raga + Atur pola makan + istirahat yang cukup= tubuh yang sehat dan indah

1.Olah raga

Sebagian dari anda mungkin tidak suka, bahkan membenci olah raga, tapi bagaimanapun olah raga adalah cara paling efektif untuk membakar lemak dalam tubuh kita, jadi bagi yang membenci olah raga, bersiap untuk berubah dan mulai membiasakan diri dengan olah raga. Lalu jenis olah raga apa yang paling efektif untuk membakar lemak? Jawabannya adalah olah raga aerobik. Aerobik disini bagi kebanyakan orang mungkin dianggap atau disamaratakan dengan senam aerobik atau senam yang dengan diiringi musik, ini persepsi yang tidak sepenuhnya salah, namun yang lebih tepatnya olah raga aerobik adalah jenis olahraga yang menggunakan oksigen untuk melatih kekuatan jantung, jenisnya ada dua macam, yang pertama adalah aerobik outdoor seperti jogging,basket,sepakbola,berenang,tenis meja dll, yang kedua adalah aerobik indoor seperti sepeda statis, tread mill dll.
Pilihlah olah raga yang paling anda sukai, namun saya menyarankan anda untuk berolah raga jogging dan berenang, usahakan lari minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi antara 45-60menit, dan berenang minimal 1 kali satu minggu sekali dengan durasi yang sama. Lebih baik lagi anda mendaftar ke salah satu tempat fitness,berkonsultasilah kepada instruktur fitness latihan apa saja yang haru anda lakukan, namun pada umunya semua latihan dilakukan dalam repetisi yang tinggi dengan beban yang tidak terlalu berat. Sekedar informasi,berdasarkan penelitian ternyata tubuh akan mulai membakar lemak setelah 20 menit berolah raga, pada 20 menit pertama tubuh membakar kadar gula dalam darah yang masuk melalui makanan, jadi apabila anda berolah raga hanya 10 menit saja?..lemak dalam tubuh anda tak akan terusik sedikitpun. Alternatif lain apabila anda ingin langsung membakar lemak tanmpa harus menunggu 20 menit dulu adalah berolah raga pada pagi hari sebelum sarapan,karena pada pagi hari kadar gula darah kita sangat rendah akibat dikuras pada saat kita tidur,,,jadi pada waktu olah raga pagi hari, lemaklah yang nantinya akan dibakar.

2. ATURLAH POLA MAKAN ANDA
”Kamu adalah apa yang kamu makan”, ungkapan tersebut memang benar adanya, apabila yang anda konsumsi adalah makanan makanan yang sehat, maka sehatlah tubuh anda, namun sebaliknya apabila yang anda makan adalah makanan sampah (junk food), maka penyakitlah yang anda dapat, so...jadi apa yang harus anda pilih dan anda hindari ketika anda makan untuk mendapatkan tubuh yang sedap dipandang.
Yang pertama ganti sumber karbohidrat anda menjadi karbohidrat yagn ber GI rendah, (GI adalah singkatan dari glicemik index semakin tinggi nilai GI dalam suatu karbohidrat,semakin tidak menguntungkan untuk program pembuangan lemak anda)...singkatnya apabila sehari-hari anda makan nasi putih, gantilah dengan nasi merah!....mengapa nasi merah?,,selain ber GI rendah, nasi merahpun memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat melarutkan lemak-lemak dalam tubuh kita.
Yang kedua.....hindari makanan yang disajikan dengan cara digoreng atau diolesi mentega/margarin. Gantilah dengan mekanan degan penyajian dikukus, di rebus atau dibakar pokoknya jangan ada yang digoreng!!! Kalaupun ingin digoreng, gorenglah dengan sedikit olive oil...kalau mau tahu perbandingan kalori yang dihasilkan oleh minyak (lemak) dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, 1gr lemak= akan menghasilkan 9 kalori sedangkan 1gr protein.karbohidrat= akan menghasilkan 4 kalori....hampir 2 kali lipat lebih kan... jadi cara penyajian akan menentukan kalori yang dihasilkan makanan tersebut.
Yang ketiga adalah perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan...seperti yang kita ketahui sayur dan buah masuk ke dalam golongan karbohidrat, oleh sebab itu gantilah sebagianm porsi nasi anda dengan sayur atau buah....sayur dan buah juga mengandung banyak serat,.....serat efektif melarutkan lemak.
yang ke empat adalah ubah frekuensi waktu makan anda menjadi 6 kali....contohnya begini, sarapan jam 7, makan menjelang makan siang jam 9, makan siang jam 1, makan sore, jam 4, makan malam jam 7, danm sebelum tidur minumlah susu saja...anda tidak perlu mengurangi porsi makan anda, asalkan, penyajiannya tidak di goreng!!!.

3. ISTRAHAT

Yang tak kalah pentingnya adalah istirahat atau tidur. Tidur diperlukan tubuh kita untuk berkembang,memperbaiki se-sel yang rusak,dan mengembalikan kondisi tubuh kita seperti semua....tidurlah minimal 6 -8jam sehari. Bagi yang sedang melakukan body building /body shaping istirahat/ tidur adalah kunci bagi kerberhasilan body building,, karena pada saat istirahatlah otot-otot berkembang secara maksimal.

Ke tiga poin diatas apabila dilakukan dan dipahami secara proporsional,,mudah mudahan akan membawa dampak yang positif bagi tubuh anda..........tips terkahir dari saya adalah bacalah buku ”BAKAR LEMAK TANPA LAPAR TANPA LEMAS” yang ditulis oleh ade rai dkk dengan penerbit tabloid bola...disana dijelaskan secara lengkap apa-apa yang harus diketahui dan dilakukan. Semoga bermanfaat.....

4 komentar:

Anonim mengatakan...

tanks ya..." atas saran yg cukup bermanfaat

fino mengatakan...

plis bantu saya diet, hub saya di fino_cuit@yahoo.com

Anonim mengatakan...

terimakasih atas infonya :D

:)

Anonim mengatakan...

maksud dari "tidurlah minimal 6 -8jam sehari", apakah harus 6 jam nonstop? atau waktunya dibagi-bagi?

Posting Komentar